Sekolah Adiwiyata

Sekolah Adiwiyata

Adiwiyata merupakan salah satu program yang dibuat oleh Pemerintah untuk meningkatkan kesadaran setiap warga Indonesia. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli akan lingkungan yang bersih, sehat, indah dan berwawasan Adiwiyata. Pengaplikasian Adiwiyata dalam lingkungan sekolah bertujuan agar terciptanya lingkungan belajar yang bersih, sehat dan indah. Pemerintah daerah biasanya menyelenggarakan kompetisi sekolah Adiwiyata terbaik pada setiap jenjang pendidikan yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Mengengah Atas dan sederajatnya.

Di buat nya program tersebut oleh pemerintah bukanlah sebatas iseng semata, melainkan dapat membantu tercipatanya kota yang bersih melalui lingkungan sekolah yang bersih dan sehat salah satunya seperti membuat lubang biopori dan menanam pohon di lingkungan sekolah, membuat siswa sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dan memiliki wawasan mengenai kebersihan yang diharapkan akan diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari siswa tersebut seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan rumah terutama kamar mereka.


Banyak sekali hal positif yang dapat kita dapat kan dari adanya program adiwiyata tersebut membuat program ini semakin meluas. Sekolah yang menerapkan program adiwiyata dapat meraaakan manfaat baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung seperti dalam penerapan sistem belajar, proses belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik yang hasilnya nanti kan mempengaruhi perkembangn keberhasilan pendidikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar