Cintai Diri Sendri


Pernahkah kalian mendengar pepatah yang mengatakan “Bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan”? Jika kalian pernah mendengar pepatah tersebut apakah kalian setuju atau bahkan malah sebaliknya? Setiap orang yang lahir ke dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak orang di dunia ini berlomba-lomba untuk menjadi sempurna, entah itu mulai dari metode yang menggunakan bahkan-bahan alami sampai menggunakan metode yang ekstrim seperti operasi plastik.

Operasi plastik sudah ada sejak zaman dahulu kala, pada awalnya operasi pelastik dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki bagian tubuh yang telah rusak misalnya bagian hidung yang parah atau bengkok diperbaiki dengan operasi pelastik sehingga dapat seperti semula lagi. Namun, walaupun bisa merubah fisik seseorang dengan waktu yang sangat singkat, banyak penelitian yang mengatakan bahwa operasi pelastik memiliki efek samping yang akan cukup mampu membuat hidup kita berubah 180 derajat. Operasi pelastik tidaklah selalu berhasil dan apabila operasi tidak berhasil tentunya akan mempengaruhi kehidupan kita untuk kedepannya.

sumber: annunaki.me

Tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam operasi plastik, contohnya yaitu seperti Hang Mioku, Model dari Korea Selatan bernama Hang Mioku ini malah lebih malang lagi nasibnya. Wanita usia 48 tahun ini tadinya seorang wanita yang sangat cantik dan mempesona. Ia pertama kali melakukan operasi pada usia 28 tahun dan menjadi ketagihan. Namun, setelah dokter menolak untuk melakukan suntik silikon, Hang Mioku nekat menyuntikkan minyak goreng ke wajahnya karena terobsesi untuk memiliki wajah yang lebih mulus lagi. Nahas, bukannya wajah mulus yang didapat, wajah Hang Mioku malah membesar dan seperti melepuh. Ia pun sangat menyesal dan ingin wajah aslinya kembali, namun tentu saja tidak bisa. (Sumber: wartamedika.co)

Banyak sekali factor yang dapat mendorong orang melakukan operasi plastik seperti bullying terhadap bentuk tubuh atau wajah yang dapat menghancurkan kepercayaan diri, tuntutan pekerjaan dll. Pencegahan melakukan operasi yang bersifat bukan untuk kebutuhan melainkan keinginan dapat dilakukan melalui proses pendidikan, entah itu pendidikan dirumah, pendidikan dilingkungan, maupun pendidikan formal hendaknya saling bekerja sama dalam mananamkan nilai cinta terhadap diri sendiri dan menanamkan nilai-nilai agama seperti rasa syukur terhadap apa yang telah diberikan oleh Tuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar