Mendidik Anak Sholeh dan Sholihah

Siapa sih orangtua yang tidak ingin mempunyai anak yang sholeh dan sholihah? Pasti setiap orang tua memiliki cita-cita mempunyai anak yang soleh dan soleha. Tak jarang orang tua juga mendoakan anak nya agar menjadi anak yang sholeh dan sholihah, berikut salah satu doa agar anak menjadi sholeh dan sholihah:

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ
(Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’)
“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa" (Qs.al-Furqon : 38)

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ
(Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’)
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku" (Qs.Ibrahim : 40)

Namun selain berdoa, setiap orangtua juga perlu berusaha dalam mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholihah. Seorang anak diibaratkan seperti kertas putih yang masih bersih dan suci, dimana orangtua sebagai pendidik ingin menorehkan tinta seperti apa dilembar kertas bersih tersebut yang akan membentuk anak menjadi seperti apa nantinya. Adapun beberapa cara sederhana mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholihah sebagai berikut:
  • Ajarkan anak untuk terbiasa sholat sedini mungkin.
  • Ajarkan dan biasakan anak untuk mengaji dengan hukum bacaan yang baik dan benar.
  • Ajarkan anak untuk senantiasa mengucapkan salam “Assalamualaikum” apabila masuk atau keluar rumah serta bila bertemu dengan orang lain.
  • Untuk anak kali-laki, ajaklah anak untuk sholat berjamaah di masjid atau musholah karena cara ini bisa mengenalkan dan membiasakan anak untuk sholat berjamaah dimasjid atau mushola.
  • Untuk anak perempuan, biasakan anak untuk memakai hijab sedini mungkin tetapi dengan tidak memaksa. Banyak orang tua yang berfikiran bahwa memakaikan hijab pada anak pasti akan membuat anak gerah, hal ini bisa disiasati dengan cara memilih bahan hijab yang tepat untuk anak.


Berikut diatas merupakan cara-cara sederhana yang bisa dilakukan oleh para orang tua yang menginginkan anak sholeh dan sholihah. Insyaallah apabila cara mendidik orangtua tepat maka akan tertanamnya nilai-nilai yang telah diajarkan dalam dirinya sampai ia dewasa dan dimanapun dia berada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar