Kenapa Kuliah?


Bagi siswa SMA dan sederajatnya yang baru saja lulus pasti akan dihadapkan dengan pilihan mau bekerja? Mau kuliah? Atau bahkan nikah? Banyak faktor penyebab orang dalam penambilan keputusan tersebut, namun disini saya akan membahas mengenai kenapa kita harus kuliah. Teman saya pernah mengatakan “Ngapain kuliah? Kalau emang udah punya kerjaan enak dan gajinya juga udah gede. Kan kuliah buat cari kerja”. Memang salah satu tujuan dari kuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik tetapi apakah kuliah hanya sebatas untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik saja?

Hal ini dapat diperkuat denan kisah motivasi mengenai kesuksesan, seperti kisah Bill Gates sebagai pendiri Microsoft yang kini menjadi orang terkaya didunia namun ternyata Bill Gates tidak lulus dalam kuliahnya atau kisah Bob Sadino yang bahkan hanya lulusan sekolah dasar namun sukes dalam bisnis pangan dan pertenakan. Nah, dari kisah-kisah tersebut banyak orang berfikir lalu apa fungsi dari kuliah kalau ada orang yang bisa sukses tanpa kuliah. Namun, tahukah kalian bahwa hanya segelintir orang yang dapat sukses tanpa pendidikan khususnya kuliah. Ada beberapa orang yang memang terlahir gifted dengan bakat yang luar biasa, namun bagi kamu yang terlahir dengan bakat yan biasa saja berarti harus lebih berkerja keras lagi.

Apabila kamu memilih kuliah ada banyak hal yang akan kamu dapatkan seperti:
  1. Semakin luasnya jaringan/koneksi yang akan kamu dapatkan sehingga memperluas kesempatan bekerja.
  2. Kamu akan belajar untuk percaya kepada kemampuan sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain sehingga dapat mengembangkan potensi dalam diri lebih maksimal berbeda dengan SMA, dimana kita masih bergantung dengan teman.
  3. Berbeda jadwal kuliah dengan jadwal ketika sekolah dahulu dapat membuat kita belajar memanaje waktu dengan baik seperti  memanaje antara waktu untuk belajar, waktu untuk mengerjakan tugas, waktu untuk organisasi di tengah-tengah jadwal mata kuliah yang tdak tetap.
  4. Kuliah bisa kamu jadikan wadah untuk bereksplosari lebih luas dibandingkan dengan sekolah dulu, lebih dapat membuka fikiran dan kritis mengenai hal sekitar, menambah pengetahuan yang lebih luas, membuat goals yang lebih baik.
  5. Peluang untuk melakukan perubahan lebih baik sangat terbuka lebar dengan pendidikan yang kamu dapatkan dan wadah organisasi di kampus yang siap untuk menawungi.


Memang pendidikan yang tinggi bukan penentu kesuksesan, hanya orang-orang yang mau berjuanglah yang akan menggapai kesuksesan. Kuliah disini merupakan jalan untuk menggapai kesuksesan tersebut, percayalah bahwa orang yang mengatakan kuliah itu tidak ada gunanya merupakan orang yang tidak berjuang dan sungguh-sungguh dalam mendapatkan ilmu untuk memajukan dirinya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar