Bullying Berakhir Tragis


Bangkinang - Elva Lestari (16), siswa kelas X SMAN 1 Bangkinang, Riau, bunuh diri ke sungai. Aksi itu ditengarai karena ia sering di-bullyrekannya dengan sebutan 'anak orang gila'. Sepenggal berita dari detiknews diatas telah menodai dunia pendidikan indonesia lagi, banyaknya kasus bullying yang seperti tidak ada habisnya membuat kita harus segera berbenah diri agar tidak ada korban selanjutnya.

Apasih bullying itu?
Bullying merupakan bahasa inggris yang apa bila diterjemahan kedalam bahasa indonesia artinya adalah penindasan. Seorang bullying merupakan orang-orang pengecut yang hanya bisa mendapatkan kekuatan dengan menjatuhkan orang-orang yang mereka fikir lebih lemah. Bullying saat ini tidak hanya dilakukan melalui secara langsung/Fisk saja, namun bullying bisa dilakukan melalui  kata-kata yang ditulis dalam social media dimana sifatnya kasar,  mengejek, menyinggung yang dapat menyakiti perasaan orang lain

Sumber: nbcnews.com

Seperti kasus bullying yang dialami oleh pada tahun 2013  seorang anak perempuan berumur 14 tahun bernama Angel Green dari Indiana yang menggantung dirinya sendiri di pohon depan halte school bus agar teman-teman yang membully Angel melihat bahwa merekalah  yang membuat Angel bunuh diri. Adapun hal yang menyebakan Angel di bully karena ayahnya dipenjara setelah memukul Angel, sangat memperihatinkan bukan? Diakhir surat bunuh dirinya Angel Green menulis sebuah surat yang isinya “Ps. Its bullying that killed me, please get justice” atau bullyinglah yang telah membunuh aku, tolong cari keadilan.

Dari kasus tersebut untuk kalian yang pernah melakukan bullying segeralah berhenti,  bagi kalian yang melihat aksi bullying hendaknya segera menghentikannya dan apabila terlihat berbahaya maka laporkan kepada pihak yang berwenang karena sesuai yang dikatakan oleh Nessie bahwa seseorang yang buruknya sama dengan orang jahat adalah orang yang menyaksikan ketidakadilan namun tidak berbuat apapun. Ada baiknya kita sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan untuk saling mengingatkan, karena yang termasuk kedalam tindakan bullying tidak hanya dilakukan secara terang-terangan namun juga dapat dilakukan secara tidak sengaja seperti ketika bercanda mengatakan kamu gendut,pendek dll, karena kita tidak pernah tau apa yang sedang mereka rasakan saat itu. Jadi alangkah baiknya kita senantiasa berhati-hati bertutur kata dan senantiasa murah mengatakan maaf.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar