Etika Anak Jaman Sekarang


Di era globalisasi saat ini, begitu mudahnya bagi siapapun mendapatkan informasi yang diinginkannya. Dengan didukung kemajuan teknologi yang semakin pesat diharapkan generasi penerus bangsa menjadi yang lebih baik dan intelek untuk menjadu benih-benih pemimpin bangsa kelak. Namun seperti dua mata pisau, berkembangnya tekonolgi bisa mengakibatkan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari kemajuan zaman/teknologi adalahsemakin mudahnya orang mengakses pengetahuan dengan cepat dimanapun dan kapanpun. Adapun dampak negatifnya adalah karena begitu mudahnya pertukaran informasi yaitu dengan melalui teknologi memudahkan juga budaya luar untuk masuk kedalam negeri yang dapat menyebabkan lunturnya nilai-nilai bangsa Indonesia.

Saat ini kita sebagai sebuah bangsa tengah mengalami krisis etika, dimana sungguh memperihatinkan karena pelakunya adalah anak bangsa yang mana merupakan benih-benih pembangun bangsa ini. Lunturnya nilai-nilai tata karma/etika yang dulu sudah diajarkan saat ini sudah semakin memudar, banyak anak menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan umurnya, budaya mengucapkan salam kepada orang yang lebih tua juga sudah memudar, dll. Jadi, sebenarnya siapa pihak yang bersalah dalam masalah ini? Menurut saya semua pihak memiliki peran yang penting untuk menjada etika bangsa, lingkungan anak yang seharusnya memberikan contoh baik dalam beretika tapi terkadang karena kurangnya pendidikan membuat contoh yang sealakadarnya menurut mereka benar, peran lembaga pendidikan harus lebih extra dalam menanamkan nilai-nilai etika melalui pendidikan karakter, dan peran pemerintah sebagi pengatur/penjaga dalam menangani gempuran budaya luar yang masuk.


Bahwasannya dapat ditarik kesimpulan bahwa kita sebagai anak muda yang insyaallah tidak terpengaruh dengan keadaan hal-hal buruk yang sedang menimpa anak muda bangsa kita ini, dan kita harus tetap memegang teguh nilai-nilai pancasila yang merupakan sumber pendoman bagi bangsa Indonesia.

Komentar

  1. Benar sekali rasanya sangat berbeda dari yang dulu saat Indonesia bisa dikatakan negara yang ramah dan sopan tutur katanya entah apa yang terjadi tiba tiba semua berubah dengan sangat cepat bagai angin yang menerjang karang hingga berlalu menjadi gugur. Saya hanya ingin jujur walaupun belum setengah abad saya hidup di Indonesia saya bisa rasakan perubahan yang begitu cepat melesat. Semoga Indonesia bisa kembali menjadi beretika bahkan lebih baik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar