S1 vs D3

Bagi para calon mahasiswa pasti pernah merasakan kebimbangan ketika memilih jurusan, universitas sampai tipe pendidikan apa yang akan di jalankan kedepannya. Kali ini penulis akan membahas mengenai S1 dan D3, karena saat ini S1 dan D3 memiliki peminat yang paling banyak diantara berbagai program  yang ada. Sebelum kalian mau lanjut kuliah di program S1 atau D3, yuk simak lebih dalam lagi apa itu S1 dan D3!

          S1
  • Pembelajarannya lebih luas dan bersifat teoritis apabila di banding akan dengan D3.
  • Biasanya harus lebih fokus/konsentrasi tinggi dalam pelajaran maupun dalam pembuatan skripsi dengan rentang waktu 3-4 tahun untuk menyelesaikan program  S1.
  • Dalam proses pembelajarannya, S1 terbiasa melakukan riset, penelitian dan memperdalam teori.

          D3
  • Pembelajarannya lebih terfokus pada keterampilan-keterampilan tertentu (praktek) untuk menyiapkan para mahasiswa masuk ke dunia kerja.
  • Durasi belajar D3 bisanya lebih sebentar di bandingkan S1 yaitu 3 tahun, tugas akhir juga biasanya hanya berupa laporan karena D3 lebih ke praktek lalu diaplikasikan di dunia kerja.
  • Pengajaran dilakukan oleh praktisi yang memang telah memiliki pengalaman sesuai dengan keahliannya.

Apabila ditanya mengenai siapa yang akan lebih cepat mendapatkan pekerjaan? Jawabannya adalah sama, tergantung relasi si pencari kerja tersebut. Selain itu, tidak benar juga bahwa S1 itu akan lebih dihargai dan mentereng di bandingkan D3, karena ketika masuk ke dalam dunia kerja yang akan di lihat adalah kinerja kalian bukan gelar kalian. Jadi, untuk memilih S1 atau D3 dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Apakah kalian orang yang lebih senang berkerah langsung atau kalian orang yang lebih senang memperdalam teori terlebih dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar