Menanam Masa Depan


Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti menginginkan masa depan yang cerah, sukses, dan bahagia. Namun, untuk mencapai masa depan yang cerah, sukses dan bahagia tidaklah mudah, banyak hal yang harus kita korbankan dari waktu, tenaga sampai materil. Sebanyak apa pengorbanan dan sekeras apa usaha yang kita lakukan inilah akan menentukan bagaimana masa depan kita nantinya.

Seperti kisah yang dibuat oleh Tere Liye dimana ada seorang anak yang sering sekali bolos sekolah untuk bermain dan menangkap belalang sampai ia berbohong. Sampai pada suatu hari ibu dari anak tersebut mengajak ke kebun untuk membantu di kebun sebagai hukumannya dan hari selanjutnya begitu terus. Hari berganti dan bukan ibu yang membawa anak tersebut ke kebun melainkan bapak dari anak itu, sang bapak menjelaskan kenapa si anak harus menanam pohon sengong itu saat ini, karena suatu saat 20 tahun yang akan mendatang kebun itu akan menjadi milik si anak dan jika si anak ingin membangun rumah pohon sengong yang menjulang tinggi itu akan berguna. Begitu pula dengan pendidikan khususnya sekolah, sama halnya dengan menanam pohon semakin engkau banyak menanamnya dan semakin engkau memeliharanya dengan baik maka engkau akan memetik hasilnya.


Jadi, sama halnya dengan menanam pohon, semakin kita memperluas dan menambah pendidikan kita maka kita pasti akan mendapatkan hasil yang dapat membuat masa depan kita cerah, sukses, dan bahagia. Memang pendidikan bukan salah satu penentu masa depan seseorang akan cerah, sukses, dan bahagia. Namun, pendidikan merupakan salah satu jalan ampuh untuk mencapai masa depan cerah, sukses dan bahagia. Memilliki pendidikan yang luas tidak akanlah rugi, karena melalui ilmu yang kita dapat maka kita telah memperkaya diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar