Pembelajaran Tematik K13
Perubahan kurikulum dari KTSP/Kurikulum
2006 menjadi Kurikulum 2013 mempengaruhi proses pembelajaran tematik. Pembelajaran
tematik merupakan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran ke
dalam satu tema. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran tematik masih mempunyai
beberapa permasalahan yaitu sebagai berikut:
- Sering terjadinya keterlambatan buku oleh pihak dinas/Pemerintah.
- Sarana prasarana penunjang belum sepenuhnya terpenuhi, seperti kurangnya ruang kelas yang menjadikan kelas harus dibagi menjadi dua sesi.
- Alokasi waktu yang terkadang tidak sesuai dengan bobot materi yang akan di ajarkan.
- Fasilitas alat peraga/penunjang (media) pembelajaran masih kurang, namun kekurangan ini dapat membuat guru menjadi lebih kreatif untuk membuat/mengganti media tersebut.
Selain sarana dan prasarana, kompetensi
guru dalam pembelajaran tematik juga harus di perhatikan. Peningkatan kemampuan
guru dalam pembelajaran tematik dapat di lakukan dengan mengirim guru mengikuti
pelatihan-pelatihan mengenai pembelajaran tematik, selain itu guru juga dapat
membuat kelompok dengan guru lainnya dan melakukan tukar pikiran (sharing)
dengan guru lainnya mengenai masalah-masalah yang dihadapi dan mencari
solusinya bersama-bersama.
Komentar
Posting Komentar