Pentingnya Pendidikan Seksual Bagi Anak


Ia mengatakan, kasus yang paling banyak di Batam semester ini adalah pelecehan seksual terhadap anak. Kasus seksual melibatkan anak ini berbagai macam motifnya. Namun, kata Efrizal, pihaknya sering menemukan pelakunya banyak berasal dari orang dekat seperti bapak tiri si anak. "Di Batam itu kebanyakan seperti itu. Bapak tiri lecehkan anaknya," ujarnya. Sepenggal berita dari Sindonews.com diatas menjadi salah satu bukti yang cukup memperihatinkan bahwa kita sedang mengalami darurat pelecehan seksual pada anak. Anak yang seharusnya dilindungi, malah dijadikan objek yang tak pantas oleh orang-orang yang tidak bermoral. Banyak kasus-kasus pelecehan seksual terhadap anak yang bahkan dilakukan oleh orang terdekat/kerabat si anak, terlebih jika anak masih di bawah umur akan memungkinkan terjadinya trauma yang akan mengganggu perkembangan kesehatan mental anak tersebut.

Orang tua atau pendidik saat ini harus lebih ketat lagi dalam menjaga buah hatinya, harus lebih berhati-hati dalam mempercayakan buah hati kepada orang lain. Namun, banyak orang tua saat ini yang  tidak bisa selalu mendampingi atau menjaga buah hatinya, entah karena bekerja atau memiliki aktivitas lainnya. Dari hal tersebut orang tua dapat mempakukan pencegahan secara preventif dengan membekali anak dengan pendidikan sesksual. Berikut pendidikan seksual yang dapat dilakukan orang tua untuk anak:
  • Memberitahukan kepada anak agar tidak menerima barang pemeberian dari orang kain apabila tidak bersama dengan ayah atau ibu.
  • Memberitahukan anak untuk tidak ikut pada orang yang tidak dikenal “anak pintar, jangan ikut dengan orang yang tak dikenal yah”.
  • Memberitahukan anak apabila ada orang yang ingin cium-cium ditempat sepi tidak boleh dan apabila ada orang yang ingin pegang badan, dada, perut dan sekitar celana jangan diperbolehkan.
  • Lalu apabila ada orang yang memaksa ajarkan anak untuk berteriak “tidak mau” dan segera lari ketempat yang ramai. 
  • Ajarkan anak untuk tidak malu atau takut  memberitahu/melaporkan kepada orangtua atau guru yang disayangi oleh anak. 


Demikian pencegahan yang dapat dilakukan agar anak tidak mengalami pelecehan seksual, namun jika  seorang anak telah mengalami pelecehan seksual hendaknya orangtua segera melakukan konsultasi kepada ahli agar anak dapat ceria kembali. Jangan biarkan anak melakukan hal yang tidak disukainya/dipaksa bahkan oleh orang yang paling dekat sekalipun, entah itu orangtua, saudara, paman, teman dll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar