Menanamkan Disiplin Pada Anak


Disiplin merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, bahkan disiplin bisa menjadi penentu keberhasilan atau kesuksesan seseorang. Menanamkan atau melatih anak untuk menjadi disiplin sedini mungkin memang merupakan langkah yang tepat, karena akan membuat anak menjadi terbiasa menjalankan kehidupannya dengan disiplin hingga sampai dewasa nantinya.

Mendidik anak agar terbiasa untuk disiplin bisa dikatakan susah-susah gampang, tak perlu menggunakan cara-cara yang keras seperti memaksa anak atau dengan memarahi anak karena hal tersebut malah akan membuat anak merasa tertekan. Mendidik anak agar disiplin cukup dengan metode yang tepat, dengan menggunakan metode yang tepat pasti akan membuat anak dengan sendirinya  menjadi disiplin.Berikut merupakan beberapa cara melatih  anak menjadi disiplin:
  • Membiasakan anak membereskan mainannya sendiri, sehingga anak bisa memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang dia miliki (mainan).
  • Mengajarkan anak untuk melaksanakan sholat tepat waktu.
  • Membiasakan anak mencuci tangan sebelum makan.
  • Disiplin di sekolah: datang ke sekolah tepat waktu, melaksanakan piket sesuai jadwal, membawa buku sesuai dengan jadwal pelajaran, dll.
  • Dari semua cara diatas, cara yang paling penting adalah sebagai orang tua atau guru harus memberikan contoh (sebagai teladan) sikap disiplin kepada anak karena apabila anak melihat kita yang mereka jadikan sebagai contoh tidak disiplin, maka anak akan meniru kita dan sulit menajdi disiplin karena pada dasarnya anak merupakan peniru yang baik.

Dengan demikian dari cara-cara sederhana diatas, diharapkan anak bisa menajdi lebih disiplin bahkan menanamkan nilai disiplin di kehidupannya sampai dewasa. Sebagai orangtua hendaknya juga harus sabar dan tidak mudah menyerah dalam mendidik disiplin kepada anak, karena pada dasarnya anak tidak akan cukup apabila hanya diberitahu sekali atau duakali, diperlukan waktu yang tidak sebentar dan berkali-kali mengingatkan agar anak menjadi disiplin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar