Guru Tidak Boleh Gaptek


Perkembangan teknologi yang sangat pesat dan menjamurnya berbagai perangkat teknologi membuat semua orang zaman kini dituntut harus menguasai teknologi, tidak terkecuali para pengajar khususnya guru. Perkembangan teknologi diharapkan dapat membantu perkembangan pendidikan saat ini, dimana guru sebagai ujung tombak dari pendidikan dituntut harus bisa memanfaatkan teknologi saat ini sebagai penunjang dalam pembelajaran.

Sebagian besar guru di Indonesia saat ini masih gaptek ( gagap teknologi ), khususnya bagi guru-guru yang telah lama mendidik atau senior biasanya mereka masih memegang cara mengajar tradisional yang  membuat mereka enggan untuk belajar internet dan komputer. Kurangnya daya saing guru dalam hal teknologi dibandingkan negara lain akan membuat pendidikan kita semakin tertingggal dan menghambat perkembangan pendidikan kita yang bisa berimbas pada perkembangan negara kita.


Di era kekinian bagi guru yang masih memiliki jam terbang mengajar yang masih lama dihimbau agar  tidak ada lagi guru yang gaptek, bahkan diharapkan para guru mampu lebih berkreativitas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang telah ada dalam proses belajar mengajar. Namun, dalam penggunaan teknologi saat ini, para guru dihimbau agar berhati-hati khususnya media sosial supaya tidak menjadi boomerang yang nantinya akan malah menurunkan/memperburuk pendidikan kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar