Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar


Sekolah bukan hanya tentang dateng,  belajar dikelas, dan pulang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan anak ketika disekolah, khususnya pengembangan diri yang ada pada siswa. Ekstrakurikuler merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk mengembangankan minat dan bakatnya, ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan diluar jam mata pelajaran umum dengan tujuan agar anak dapat mengembangkan minat dan bakatnya.

Dalam penyelenggaraannya di Sekolah Dasar biasanya ekstrakulikuler memiliki berbagai macam pilihan seperti Pramuka, Pencak Silat, Drum band, Menari, Paduan suara dan masih banyak lagi yang sesuai dengan sekolah. Dalam pelaksanaannya ekstrakulikuler memiki banyak sekali manfaat bagi siswa, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Adapun beberapa manfaat elstrakulikuler bagi siswa sekolah dasar sebagai berikut:
Pertama, anak memiliki wadah untuk mengembangkan  potensi yang ada pada dirinya.
Kedua, anak dapat bersosialisasi karena bertemu dengan teman-teman baru, dimana siswa tidak hanya berteman dengan teman sekelasnya saja.
Ketiga, anak akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan hal positif dibandingkan dengan bermain games atau gadget dll.
Keempat, anak dapat menjadi lebih bertanggung jawab, disiplin dan mandiri karena siswa akan mulai belajar management diri, dimana siswa akan belajar membagi waktu untuk sekolah, ekstrakulikuler, bermain dengan teman dirumah, beriatirahat.
Kelima, anak akan mendapatkan wawasan yang lebih luas ketika mengikuti ekstrakulikuler dibandingkan hanya mengandalkan wawasan yang diberikan oleh guru didalam kelas.


Demikian beberapa manfaat ekstrakulikuler yang bisa didapatkan oleh anak, dimana sekolah sebagai pihak pengelola eskrakulikuler harus lebih meningkatkan kualitas eskul yang ada disekolah dan jika memungkinkan sekolah dapat menambah jumlah ekstrakulikuler sehingga siswa mempunyai lebih banyak pilihan untuk mengembangkan minat dan bakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku