Nyontek Masal



Pendidikan saat ini merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia, pendidikan dibutuhkan oleh setiap manusia untuk bekal  menjalani hidup. Pelaksanaan pendidikan tidak selalu bersih dan berjalan begitu saja dengan lancar, banyak berbagai permasalahan yang mengiringi seperti kecurangan dalam hal menyontek. Hampir semua orang pasti pernah menyontek tidak terkecuali diri saya sendiri hehe, para pelajar saat ini mulai tertanam di fikran mereka bahwa kebiasaan buruk dalam menyontek adalah hal yang lumrah untuk dilakukan.

Alasan klasik pelajar menyontek saat ulangan antara lain: materi yang di ulangkan sangat banyak, sulit memahami materi, dan tidak belajar. Sangat disayangkan bahwa alasan anak menyontek biasanya karena memang malas belajar. Paradigm lumrahnya menyontek dikalangan pelajar membuat menyontek saat ini seperti menjadi sebuah budaya yaitu “Budaya Menyontek”, lebih parahnya lagi terkadang menyontek sudah tidak dilakukan sendiri oleh individu namun dengan berkeja sama  dengan temannya bahkan terkdang bisa dikatakan dengan menyontek masal.

Lahirnya budaya menyontek masal saat ini menunjukkan bahwa telah terjadinya degradasi moral dikalangan pelajar Indonesia, dimana pelajar Indonesia hanya berpatokan dengan hasil bukannya proses, itupun dengan cara yang instan. Hal ini sangat membahayakan apabila terus berlanjut, karena dari menyontek ini akan menghasilkan karakter-karakter yang buruk seperti karakter seorang koruptor yang dapat menghancurkan bangsa.


Lalu bagaimana solusinya? Pemerintah saat ini sudah tepat dengan memeberlakukan program pendidikan karakter sebagai cara membangun karakter anak bangsa. Diharapkan dengan adanya pendidikan karakter akan sedikit demi sedikit melunturkan budaya menyontek terlebih lagi buadaya menyontek masal. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar