Bangga Jadi Mahasiswa PGSD

Pernahkah anda mendengar apa itu PGSD? Mungkin diantara kalian sudah ada ataupun belum tahu apa itu PGSD PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan jurusan yang pencetak guru-guru Sekolah Dasar di Indonesia, mungkin banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap PGSD dengan berbagai alasan, salah satu alasan terbesarnya ialah karena statusnya mengajar Sekolah Dasar.
Persepsi terhadap profesi guru yang tidak sehebat dibandingkan dengan profesi lain seperti arsitek, manajemen, akutansi dll juga membuat anggapan guru sebagai profesi yang kurang bergengsi. Terlebih lagi mengajar anak SD banyak dikatakan tidak sulit, tapi pada faktanya mengajar anak SD itu lebih sulit karena guru SD membangun pondasi suatu pendidikan jadi jangan pernah bilang kalau guru SD tidak sehebat guru di SMP atau SMA.
Beberapa alasan yang membuat bangga kuliah di jurusan PGSD:

  • Self respect dari orang sekitar
kuliah di PGSD secara tidak langsung mendidik kita baik dari cara berpakaian, cara bicara, hingga cara bergaul dalam masyarakat maupun sesama teman. Kita tanpa sadar telah terbiasa berpenampilan dan bergaul di masyarakat sesuai dengan norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.

  • Mahasiswa PGSD adalah seorang yang multitalent
Kenapa mahasiswa PGSD dapat dikatakan multitalent? Karena menjadi guru sekolah dasar dituntut harus menguasai semua mata pelajaran yang ada di SD.


  •   Seni mendidik anak 
Sambil menyelam minum air, itulah salah satu peribahasa yang pas untuk mahasiswa  jurusan PGSD.  Dalam PGSD  diajakarkan seni mendidik anak yang secara tidak langsung  mengajarkan kita bagaimana cara menjadi orang tua yang baik.

  • Kasih sayang dari anak-anak
Kuliah di jurusan PGSD pasti akan merasakan yang namanya mengajar/mendidik anak SD, selama proses mendidik disekolah mahasiswa PGSD pasti akan merasakan kasih sayang yang murni  dan semangat belajar dari anak-anak didik yang mereka didik. Hal tersebutlah yang biasanya akan menjadi suplement seorang guru sekolah dasar untuk selalu semangat dalam  mendidik.

Jadi, jangan minder jika kalian mahasiswa PGSD. Cintailah jurusan kalian terlebih dahulu, insyaallah kalian akan menikmati hidup sebagai mahasiswa yang bahagia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar