Terlalu Banyak Mata Pelajaran


Dalam dunia sekolah setiap siswa dituntut untuk menguasai berbagai macam kompetensi yang sudah dirancang oleh pihak pendidikan, siswa harus menguasasi berbagai macam jenis pelajaran walapun pelajaran yang bukan termasuk kedalam minat dan bakat siswa. Arti dari mata pelajaran itu sendiri ialah pelajaran yg harus diajarkan (dipelajari) untuk sekolah dasar atau sekolah lanjutan.

Tujuan yang sebenarnya bagus karena membuat siswa jadi lebih banyak menguasai mata pelajaran, akan tetapi pada faktanya banyak siswa yang merasa diberatkan dengan banyakya mata pelajaran yang harus dikuasai. Banyak siswa yang merasakan banyaknya mata pelajaran dan menganggapnya sebagi beban, apabila anak sudah menganggap suatu mata pelajaran adalah beban maka akan berdampak kepada tingt prestasi anak tersebut. Anak akan menjadi malas belajar karena mater yang dipelajar sangat amat banyak yang berdampak pada semakin turunnya prestasi siswa dikelas/dsekolah.


Mungkin masukkan yang bisa saya berikan yaitu agar bisa dilakukan penyederhanaan mata pelajaran seperti di Filandia, diamna anak hanya mempelajari mata pelajaran dan anak juga diberikan kesempatan untuk memilih mata pelajaran apa yang ingin dan bahan mata pelajaran yang tidak disukai/diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar