K13 : Baru Masuk SMA Langsung Penjurusan


Kurikulum 2013 mengamanatkan peminatan jurusan murid SMA ditentukan sejak kelas X…..”
Sepenggal berita dari kompasiana diatas membuat saya pada saat itu cukup merasa kebingungan yang menimbulkan berbagai macam pertanyaan seperti Serius penjurusan dari kelas 10        ? Apa ngga kecepetan? Trus gimana kita nentuin cocok dijurusan IPA tau IPS? Saat mantan pelajar SMP  tersebut bahkan belum mengecap seperti apa pendidikan di SMA, mereka sudah harus mengambil keputusan yang sdikit banyak akan memepengaruhi masa depan mereka. Dapat dikatakan mempengaruhi masa depan karena penentuan jurasan IPA atau IPS di SMA akan menentukan bagaimana mereka akan menentukan kuliah mereka.

Penjurusan dilakukan diawal kelas 10 oleh pemerintah memiliki tujuan agar siswa SMA dapat lebih focus dari awal mempelajari pelajaran sesuai dengan jurusan yang telah ditentukan dan agar dapat lebih komprehensif belajar. Hal ini saya rasakan sendiri ketika akan masuk ke pendidikan SMA, karena sekolah yang akan menjadi tempat menimba ilmu merupakan sekolah percontohan Kurikulum 2013 saya sudah diharuskan untuk menentukan jurusan yang akan saya jalani dari awal kelas X. Saat itu kami diwajibkan untuk melakukan tes yang diberikan oleh pihak SMA untuk menentukan jurusan mana yang akan saya jalani semasa SMA. Sebenarnya pada saat itu saya cukup bingung karena yang saya tahu penentuan jurusan tahun sebelumnya dilakukan diawal kelas 11 bukan kelas 10, ternyata setelah saya bertanya dengan salah satu staff sekolah angakatan saya (2013) merupakan angkatan pertama yang melaksanakan sistem seperti itu karena tuntutan dari kurikulum baru yaitu kurikulum 2013, namun sangat disayangkan karena kurangnya sosialisasi jadi membuat beberapa siswa baru kebingungan. Namun juga perlu diketahui usia 15 atau 16 tahun biasanya masih sangat labil untuk mengambil suatu keputusan yang akan mempengaruhi masa depan dan membuat kurang tepatnya system adalam kurikulum 2013 yang mengahruskan siswa menentukan jurusan pada awal kelas 10.

Bagaima kalu menurut kalian, efektifkah penjurusan di SMA dari awal kelas 10?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar