Pentingkah Pendidikan Prasekolah?


Pendidikan prasekolah merupakan pendidikan yang diperuntukkan anak usia dibawah 6 tahun. Salah satu bentuk pendidikan prasekolah adalah Taman Kanak-kanak/PAUD. Pendidikan prasekolah juga dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan anak diluar keluarga serta mempersiapkan anak untuk memasuki sekolah dasar, sehingga anak tidak kaget/tidak siap ketika memasuki pendidikan formal. Pendidikan prasekolah di atur dalam Permendiknas RI No.58 tahun 2009, yang terdiri dari empat tingkatan yaitu: Berikanlah mainan yang bermanfaat, tidak perlu yang mahal, misalnya congklak, balok bongkar pasang, dough (lilin yang dapat di bentuk) mainan ini dapat melatih konsentrasi dan motorik anak atau mainan lain yang membantu perkembangan aktifitas dan kreatifitas anak.
§  Pura-pura membaca cerita bergambar dalam buku dengan bahasa sendiri
§  Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
§  Membaca nama sendiri
§  Menulis nama sendiri
(sumber: buahhatiku.com)

Tapi apa sih pentingnya pendidikan prasekolah itu? Sejalan dengan penetapan Pemerintah dalam UU No. 2 tahun 2003 bahwa “Golden age adalah manusia yang berusia 0-5 tahun”, pada masa-masa inilah anak mengalami pertumbuhan otak dengan pesat. Melalui pendidikan prasekolah, pertumbuhan otak anak yang sedang pesat-pesatnya dan siap untuk menyerap hal-hal yang diberikan membuat hal tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga penting adanya pendidikan prasekolah sebagai awal/pondasi untuk mempersiapkan anak untuk pendidikan yang selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar