Mana yang lebih baik, Nama Besar Perguruan Tinggi atau Jurusan yang tepat?

Setiap manusia pasti pernah dihadapkan dengan yang namanya "mengambil keputusan", pengambilan keputusan terkadang membuat banyak orang mersa galau. kegalauan seperti ini juga dirasakan saya ketika pengambilan keputusan dalam menuntukan jurusan dan universitans mana yang akan ambil. Dalam setiap pengambilan keputusan pasti setiap orang memiliki alasannya, sama dengan memilih mau pilih nama besar universitas atau jurusan yang tepat. 

Memilih Nama Besar Universitas
Tipe calon mahasiswa ini biasanya tidak mau berpaling dari kampus impiannya, mencoba semua jalur masuknya, dan memilih apapun jurusannya. Misalkan anda ingin sekali kuliah di Universitas Indonesia. Anda ingin masuk jurusan psikologi, namun ternyata anda tidak dapat memenuhi passing grade jurusan pendidikan dokter di universitas Indonesia. Maka anda banting stir ke ilmu hukum. Tapi  lagi-lagi anda tidak dapat memenuhi passing grade dari jurusan tersebut hingga pada akhirnya anda memilih jurusan sastra belanda dengan ketentuan "yang penting kuliah di universitas Indonesia". Kenapa begitu?
Sempat saya pernah menayakan ke salah satu teman saya”kenapa sih kok lu ambil sastra belanda UI? bukannya lu ngga ada bekal sama sekali ketertarikan yang berhubungan dengan belanda yah” kenapa kamu milih UI jurusan sastra Belanda padahal kamu tidak ada bekal atau hobbi yang berhubungan dengan sastra belanda sama sekali, lalu dia menjawab “Passing grade jurusan yang gua mau kayanya nilai gua kurang, makannya gua ambil sastra belanda yang peluangnya lebih mungkin. Lagian gua mah apa ajalah yang penting di UI”.


Pilih Jurusan
Tipe mahasiswa ini biasanya sudah tau dia ingin menjadi apa dan lebih mementingkan jurusan yang akan dijalaninya ketimbang Universitasnya.
Misalkan anda ingin sekali kuliah dijurusan teknik, maka anda akan berfokus pada jurusan teknik (anda tahu ingin menjadi apa) dan untuk kampus biasanya tidak terlalu mempermasalahkan dimana.


So, mau pilih yang mana kampus sentris atau jurusan sentris? kedua pilihan tersebut akan menjadi baik tergantung dari cara kita menyikapi keputusan yang telah kita ambil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar