Pendidikan Kaum Borjuis

Pemikiran untuk memberikan pendidikan anak yang terbaik membuat orangtua ingin anak mereka masuk sekolah internasional dan juga kuliah di luar negeri. Bagi sejumlah orang tua menyekolahkan anak ke sekolah internasional atau sekolah pendidikan kerjasama (SPK) adalah upaya memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya. Adapun salah satu faktor yang dapat dipertimbangan sebelum mendaftarkan anak adalah biaya, namun biaya pendidikan sekolah yang tergolong sangat mahal tidak menghalangi orangtua dalam mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk buah hatinya. Tak terkecuali artis Nia Ramadhani yang mendaftarkan anak sulungnya pada British School Jakarta.


Jajaran angka di atas bukanlah biaya untuk masuk sebuah universitas, melainkan iuran/bayaran yang harus ditanggung oleh orangtua untuk Sekolah Dasar yang memang memiliki jumlah fantastis. Biaya tersebut pun bukanlah biaya total yang harus dibayarkan oleh orang tua sampai anaknya lulus, tapi digit-digit itu hanyalah berlaku untuk satu semester saja. 
Dipatok dengan harga mahal, tentu saja sekolah tersebut kerap dipandang sekolahnya kaum borju (kelas atas). Sekolah tersebut juga memberikan fasilitas dan kualitas yang sangat setara dengan harga yang harus dikeluarkan oleh para orangtua, sehingga untuk bersekolah di sekolah seperti British Jakarta School hanya kaum/kalangan tertentu saja yang mampu.

Mau sekolah di sekolah internasional ataupun lokal, seorang anak juga bisa tetap bisa bersaing di era globaliasi ini. Yang terpenting sebagai orangtua, kita harus terus mendampingi, dan tidak egois dalam memilih sekolah untuk sekolah anak. Karena seperti yang dikatakan Faisal Sundani M.Ed,  memilih sekolah itu tidak ubahnya seperti mencari jodoh. Sangat personal. Bisa cocok dengan orang lain, tapi belum tentu cocok dengan anak kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar