Remedial Satu Angkatan, Salah Guru atau Murid?


Dalam setiap kegiatan pembelajaran untuk menenentukan tingkat keberhasilan siswa akan pemahaman materi yang telah diberikan pasti  dilakukan kegiatan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan biasanya akan memunculkan tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda yang di implementasikan dengan angka, semakin besar angka yang diperoleh semakin baik juga tingkat pemahaman siswa, sebaliknya pabila angka kecil berarti tingkat pemahaman siswa kuranga. Evaluasi yang berhasil yaitu siswa dapat menyelesaikan pertanyaan/soal yang diberikan dengan benar dan tepat.

Namun apa jadinya apabila tidak ada satupun siswa dalam satu angkatan yang dapat memenuhi standar  tersebut. Remedial satu angkatan pernah saya rasakan sendiri ketika mata pelajaran fisika, jujur saja saya tidak mengerti sama sekali tentang materi fisika saat itu karena mungking bukan mata pelajaran wajib karena saya jurusan IPS ketika SMA dan guru yang mengajar mata pelajaran juga seperti kurang niat/terlalu lelah suntuk mengajar kami. Saat pembelajaran berlangsung sebagian besar dari kami bahkan bisa dikatakan semua tidak mengerti dengan materi yang diajarkan, kami terkadang meminta guru menjelaskan kembali tapi guru seperti tidak memberikan respon yang baik dan apabila kami sudah mendapatkan respon seperti itu secara otamatis kami menjadi malas untuk memahami materi fisika yang rumit itu. Dari situlah ketika dilakukan tes evaluasi (UTS) kami sama sekali tidak bisa menjawabnya, sekalipun menjawab dengan cara menerka-nerka. Singkat cerita ketika pengumuman nilai fisika keluar yang ditempel di mading kami pun sudah tidak heran lagi denan hasil yang didapatkan, tetapi yan membuat heran masa iya tidak ada yang tuntas sama sekali sementara untuk pelajaran seperti mtk dan yang lain tidak sampai separah itu.

Entah salah kami sebagai siswa atau salah siapa, kalau menurut kalian bagaimana?
Yang pasti pembelajaran yang kami lakukan tidak patut untuk ditiru, saya hanya ingin berbagi mengenai salah satu pengalaman saya saja selama masih duduk dibangku sekolah. Jadi bagi kalian yang saat ini masih duduk dibangku sekolah, kalian harus SEMANGAT !!!!!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar