Budaya Sistem Kebut Semalam (SKS) di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh pengetahuan dari yang tidak tahu menjadi tahu. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam belajar, biasanya dilakukan dengan test. Agar bisa mencapai keberhasilan tersebut, banyak cara yang dilakukan oleh para pelajar, salah satunya yaitu engan Sistem Kebut Semalam (SKS).

Sistem Kebut Semalam (SKS) merupakan sebuah sistem belajar extra cepat yang baru dilakukan H-1 bahkan terkadang lakukan H-Jam dari pelaksanaan ujian (sumber: kompasiana oleh clara laviana). Sistem ini mungkin sudah menjadi sistem favorite bagi seluruh peserta didik atau mungkin sekarang sudah menjadi budaya, manajemen waktu yang kurng baik dan semangat belajar yang kurang membuat sistem ini menjadi jalan keluarnya padahal banyak dampak negatf yang ditimbulkan seperti tugas/nilai yang dihasilkan tidak menjadi maksimal.

Jadi, sebaiknya agar belajar menjadi lebih efektif para pelajar harusmenggantikan metode SKS dengan mencicil dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh. Cara mencicil ini sangatlah baik untuk merubahkebiasaan belajar para pelajar. Meskipun sedikit, seperti pepatah yang mengatakan “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Don’t Jugde Introvert

Ke Sekolah, Tapi Tidak Bawa Alat Tulis atau Buku

Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar